Kata – Kata ini Mampu Membantu Mereka

Sumber Gambar: Yonathan Dwijaya

Gangguan mental bisa menyerang siapa saja tanpa terkecuali. Bisa menyerang anda, teman anda, bahkan keluarga anda. Ketika seseorang mengalami gangguan mental, tidak sedikit orang yang bingung harus berbuat apa. Bahkan saking bingungnya, ada yang malah membiarkan sesamanya terpuruk dalam kondisi mental yang buruk. Ternyata dengan mengatakan hal-hal simpel dibawah ini, anda bisa membantu mereka, lho!

Sumber Gambar: Yonathan Dwijaya

Sumber Gambar: Yonathan Dwijaya

  1. Anda berhak dibantu

Orang depresi sering merasa dunia mereka gelap dan tidak merasa berhak ditolong orang lain. Karena itu mereka seringkali berpikir untuk berhenti meminum obat ataupun ke psikiater. Dengan kita mengingatkan mereka, kita dapat membantu mereka untuk behenti berpikiran negative.

  1. Ingin ditemani bertemu dokter?

Dengan ajakan ini kita menyadarkan mereka bahwa mereka berhak mendapatkan perhatian dan bantuan. Seringkali orang yang depresi membatalkan janji ataupun keinginan ke dokter karena mereka merasa hal tersebut tidak perlu. Padahal sebenarnya hal itu perlu ditangani.

  1. Saya ada bila Anda ingin menangis

Dengan mengatakan ini, Anda memberikan kepastian bahwa Anda ada ketika mereka membutuhkan seseorang. Orang yang mengalami depresi terkadang memilih untuk diam karena merasa tidak ada orang yang mampu mengerti kondisinya. Memang sulit menentukan waktu yang tepat menawarkan bahu ketika ia menangis, namun kalimat penawaran ini dapat membuat perbedaan besar di hidup mereka; bahwa mereka tidak sendirian di dunia ini.

  1. Kamu hebat!

Dengan mengatakan ini kita bisa membangkitkan gairah semangat hidup mereka lagi. Karena biasanya orang yang mengalami depresi menggangap dirinya lebih rendah dan buruk dibandingkan orang lain, sehingga mereka lupa setiap orang juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Dengan memberitahu kehebatan mereka, Anda dapat mengusir pikiran negative yang ada.

  1. Sudah minum obat?

Mengingatkan mereka untuk minum obat sangat penting karena seringkali ketika ‘kambuh’ mereka akan sulit mengigat untuk minum obat. Pengingat ini bila dilakukan secara rutin dapat menanamkan dipikiran mereka untuk tetap mengonsumsi obat terapi dan akhirnya hal ini akan menjadi kebiasaan yang baik.

  1. Apakah ada yang bisa saya bantu?

Menawarkan bantuuan sangatlah membantu mereka yang mengalami depresi. Walaupun Anda hanya sekedar menawarkan makanan ataupun minuman, percayalah, tawaran seperti itu dapat meringankan beban yang orang depresi rasakan.

  1. Ayo berpelukan

Sebuah pelukan untuk orang yang tengah berjuang menghadapi masalah dapat diartikan: ‘Saya di sini, saya tahu depresi itu sangat menakutkan, saya tidak takut untuk ada didekatmu saat kamu berjuang menghadapi itu semua’.

Kadangkala, sebuah pelukan dapat mengatakan lebih banyak dari pada kata-kata. Ketika seseorang menemukan begitu banyak masalah hingga sulit mengatakan inti masalah yang ia hadapi, pelukan dapat menjadi sangat bermakna.

 

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20160113121709-255-103974/tujuh-kalimat-penolong-bagi-penderita-depresi