Dukungan Sosial Kepada Orang yang Mengalami Gangguan Mental

Sumber Gambar: Yonathan Dwijaya

Memiliki teman, kerabat, sahabat atau pasangan dengan gangguan mental memang tidak mudah. Tidak jarang kita merasa bingung harus berbuat apa untuk mendukung mereka. Sebenarnya, dukungan sosial dari orang terdekat itu sangat berpengaruh bagi mereka dengan gangguan mental. Dengan adanya dukungan sosial, mereka tidak akan merasa sendirian dan itu akan membuat mereka merasa lebih baik. Sekarang, apa saja yang kita bisa lakukan untuk mendukung mereka?

Sumber Gambar: Yonathan Dwijaya

Sumber Gambar: Yonathan Dwijaya

1. Berikan Dukungan dengan Menjalin Komunikasi dan Jangan Menghakimi

Sumber Gambar: Yonathan Dwijaya

Sumber Gambar: Yonathan Dwijaya

Sebuah penelitian yang membahas hubungan antara dukungan sosial dengan kesehatan mental menyebutkan bahwa mereka yang memiliki hubungan dan dukungan sosial yang baik serta positif (dengan menjalin komunikasi) cenderung memiliki fisik dan mental yang sehat. Komunikasi adalah pintu untuk memperoleh pemahaman dari satu orang ke orang lainnya. Hal ini yang membuat seseorang merasa dihargai, diakui eksistensinya, dan diperhatikan. Komunikasi dua arah yang positif ini dapat membuat mereka merasa tidak didiskriminasi, karena kita menganggapnya sama seperti diri kita yang butuh empati. Hal yang perlu kita lakukan adalah mengapresiasi mereka, karena itu adalah bentuk kita menghargai eksistensi mereka. Dengan begitu, mereka juga akan belajar untuk menghargai diri mereka sendiri. Hal ini berkaitan erat dengan peningkatan self esteem seseorang.

2. Berikan Dukungan dengan Memberikan Perhatian dan Pengawasan

Sumber Gambar: Yonathan Dwijaya

Sumber Gambar: Yonathan Dwijaya

Kita bisa memulai dengan memperhatikan mereka dengan memikirkan bagaimana dia bisa merasa lebih baik, termasuk mendorong mereka berkonsultasi dengan profesional. Selain itu, kita juga perlu memberikan pengawasan terhadap aktivitas mereka, bagaimana pola makannya, memantau perkembangan, atau mengingatkan mereka untuk rutin menjalani terapi. Namun, kita tidak perlu mengekang mereka dengan peraturan-peraturan yang membebani. Beri ruang bagi mereka untuk melakukan aktivitas yang mereka sukai, selama itu tidak membahayakan diri mereka. Hal tersebut mampu menghindarkan mereka dari stres maupun emosi negatif lainnya.

3. Menerima Mereka dengan Tulus Adalah Bentuk Dukungan Sosial Tertinggi

Sumber Gambar: Yonathan Dwijaya

Sumber Gambar: Yonathan Dwijaya

Sumber Gambar: Yonathan Dwijaya

Sumber Gambar: Yonathan Dwijaya

Adanya diskriminasi, label, stigma, anggapan dan persepsi negatif terhadap orang-orang dengan gangguan mental menjadikan diskriminasi banyak terjadi di masyarakat. Kita kita perlu menghentikan diskriminasi ini, yaitu dengan memahami mereka yang mempunyai gangguan mental dengan lebih dalam. Yang mereka perlukan adalah penerimaan dari kita terhadap diri mereka seutuhnya.

Hal terpenting dalam mendampingi dan mendukung mereka adalah dengan tidak menghakimi, apapun bentuknya. Kita tidak tahu seberapa lelah mereka. Kita juga tidak tahu kapan dan bagaimana mereka mengalami gangguan tersebut karena gangguan ini bisa jadi berangkat dari hal-hal kompleks, seperti faktor genetik, kepribadian, perilaku sehari-hari dan kejadian-kejadian dalam hidup/trauma. Daripada menghakimi seseorang dengan gangguan mental, lebih baik kita berempati dan mengedukasi diri sendiri terkait topik gangguan mental. Dengan begitu, kita bisa memberikan informasi, bantuan dan dukungan yang tepat untuk bisa mengontrol kecemasan tersebut, serta mengedukasi orang-orang disekitar.

Sumber : https://pijarpsikologi.org/dukungan-sosial-terhadap-anggota-keluarga-yang-memiliki-gangguan-mental/